Categories

Senin, 21 Februari 2011

System of a Down Biography.!!


System of a Down  adalah sebuah band beraliran metal dari Amerika Serikat. Pada dasarnya aliran mereka adalah metal, tapi lagu- lagu mereka memiliki banyak variasi musikal. Gaya musik System Of A Down sebenarnya agak-agak sama kaya band metal lain di era akhir 90-an. Cirinya adalah punya gaya perpaduan antara underground trash metal dan musik alternative rock. Dan untungnya gaya neo-gothic alternative metalnya System Of A Down berhasil diterima banyak orang dengan campuran ska, punk, ballads, hingga musik timur tengah. 

Musik SOAD sangat original dan banyak pengamat musik mengatakan SOAD telah menciptakan aliran musik sendiri yang sangat unik, keras, tapi enak didengar.


SOAD terdiri dari 4 personil, keempat personelnya berasal dari Armenia, tapi mereka tinggal di Amerika. Serj Tankian (vokal, keyboard), Daron Malakian (gitar, vokal), John Dolmayan (drum), dan Shavo Odadjian (bass). Band ini sebelumnya bernama SOIL, dan berubah nama menjadi SOAD setelah John masuk menggantikan drummer sebelumnya.
Vokalis Serj Tankian, dan gitaris Daron Malakian ngebentuk System of a Down di wilayah selatan California pada pertengahan tahun 90-an. Ketenaran mereka lewat promosi word of mouth rupanya cukup memberikan mereka bekal untuk ngegaet Columbia Records. Di tahun 1998 mereka ngeluarin album perdana dan langsung pasang aksi dengan ikutan tour Slayer dan Ozzfest. Gara-gara tour itu jugalah System Of A Down akhirnya berhasil ngedapetin predikat Gold.

Serj Tankian
Lagu-lagu mereka terutama terkenal selain gayanya yang inovatif, dengan sentuhan musik Armenia. Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan,dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Mulai dari kampanye rekognisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.

Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).

SYSTEM OF A DOWN di tangan Produser Rick Rubin berhasil keluar dan menunjukkan dirinya ke dunia. SYSTEM OF A DOWN bukan band yang dibentuk karena industri. Mereka berempat emang dari asalnya udah begitu jadinya, liar, sangar, dan terus ngebentuk band yang menghipnotis dunia lewat gayanya. Natural banget musiknya mengalir tanpa dibentuk-bentuk dan dituntut oleh kemauan pasar. Justru SYSTEM OF A DOWN berhasil membuat pasar menyukai bahkan menggilai musiknya.

Bahkan lewat cengkok Armenia-nya itu menjadikan SYSTEM OF A DOWN sebagai band yang tanpa tandingannya. Malah sukses banget di Amrik yang terkenal rasis berat. Di album Mezmerize, Rick Rubin memperhatikan detil-detil kelebihan masing-masing dari diri SERJ TANKIAN (Vokal), SHAVO ODADJIAN (Bass), DARON MALAKIAN (Gitar) dan JOHN DOLMAYAN (Drums) sehingga membentuk orkestrasi maha dahsyat lewat lagu-lagu yang tercipta

Lagu-lagu SOAD, kebanyakan diciptakan oleh Daron dan Serj, banyak mengusung masalah sosial, politik, dan kelestarian lingkungan. SOAD adalah salah satu band di Amerika yang paling vokal menentang invasi pasukan Amerika ke Irak dan Afghanistan. Bahkan SOAD membuat banyak lagu yang isinya memprotes keras pemerintahan Amerika pimpinan George Bush seperti lagu War, Chop Suey!, Soldier Side, Boom!!, BYOB, dll. Video Klip Boom dan BYOB menjadi video metal terbaik di MTV musik awards 2004 dan 2005. BYOB (Bring Your Own Bomb) sangat jelas mengkritik Pemerintah Amerika (dan sekutunya), yang tidak berhenti membunuh orang tak berdosa di timur tengah. dan sangat jelas menyindir George Bush yang menggunakan nyawa para tentara Amerika demi kepentingan negara.

Suite-Pee
Know
Sugar
Suggestions
Spiders
Devil
Soil
War?
Mind
Peephole
CUBErt
Darts
P.L.U.C.K.

SOAD merilis album pertama, self titled, pada tahun 1998. Lagu-lagu yang membuat SOAD mulai dikenal di Amerika antara lain "War" (secara tegas menolak segala bentuk peperangan), "Sugar"(menjadi soundtrack beberapa game di Amrik), "Suite-Pee" (lagu yg kontroversial karena berbau SARA), dan "Spider". Cover album pertama adalah telapak tangan Serj yang seolah minta pertolongan. 

Prison Song
Needles
Deer Dance
Jet Pilot
X
Chop Suey!
Bounce
Forest
ATWA
Science
Shimmy
Toxicity
Psycho
Aerials

Album kedua berjudul "Toxicity" dirilis 2001. Album inilah yang membuat SOAD dikenal luas di seluruh dunia. Single "Chop-Suey!" sangat terkenal di kalangan penggemar musik, video klipnya diputar hampir setiap hari di MTV. Beberapa Kalangan memprotes lagu ini karena sedikit menyindir tradegi World Trade Center. Lagu lain yang dijadikan video klip adalah "Toxicity" dan "Aerials". Salah satu kalimat di lagu "Aerials" : "Life is a waterfall, we’re one in the river and one again after the fall. Aerials, in the sky, when you lose small mind you free your eyes". Lagu lain adalah "ATWA" yang mengajak manusia menyelamatkan Air, Trees, Water and Animals. Cover album ini adalah tulisan System of A Down di bukit Hollywood.

Chic 'N' Stu
Innervision
Bubbles
Boom!
Nüguns
A.D.D.
Mr. Jack
I-E-A-I-A-I-O
36
Pictures
Highway Song
Fuck the System
Ego Brain
Thetawaves
Roulette
Streamline

Album ketiga berjudul "Steal This Album". Cover album ini cukup unik karena hanya ada tulisan "Steal This Album!!", di albumnya tidak ada lirik ataupun foto-foto. Album ini dirilis pada 2003 menanggapi pembajakan lagu-lagu mereka di internet. SOAD bukannya marah, justru menambahkan lagu-lagu baru dari album terbarunya ke website tersebut!!! Lagu "Boom!!" sempat menghebohkan Amerika dengan lirik dan lagunya yang menghujat George Bush.

Soldier Side (Intro)
B.Y.O.B.
Revenga
Cigaro
Radio/Video
This Cocaine Makes Me Feel Like I'm on This Song
Violent Pornography
Question!
Sad Statue
Old School Hollywood
Lost in Hollywood

Album keempat dan kelima dibuat berseri. Album "Mezmerize" keluar pada awal 2005, sedang "Hypnotize" dirilis akhir 2005. Covernya pun mirip, berupa gambar imajinasi yang dibuat oleh ayah Daron. Lagu yang paling terkenal dari 2 album ini adalah "BYOB" atau Bring Your Own Bomb. Lagu ini mengkritik pemerintah Amerika yang mengirim tentara ke Irak dan menyebabkan ribuan tentara AS mati. Video Klip "BYOB" menjadi the best metal video di MTV Music Awards 2005. Lagu lain adalah "Lonely Day", "Soldier Side", Lost in Hollywood", "Cigaro", "Question" dan "This Cocaine Makes Me Feel Like I'm on This Song".

Attack
Dreaming
Kill Rock 'n Roll
Hypnotize
Stealing Society
Tentative
U-Fig
Holy Mountains
Vicinity of Obscenity
She's Like Heroin
Lonely Day
Soldier Side

Album Hypnotize ini berisikan 12 lagu dan juga beberapa karya seni/artwork dari Vartan Malakian, ayah dari gitaris SOAD Daron Malakian.Cover albumnya di-desain untuk menjadi pasangan yang tepat buat cover album sebelumnya, Mezmerize. Menjadikan kedua album ini sebuah karya seni yang saling berhubungan. Hubungan antara dua album ini juga kerasa di cuplikan-cuplikan behind-the-scenes yang memperlihatkan proses pembuatan album ini. Kedua album ini, Mezmerize dan Hypnotize bakal terhubung secara musik dalam lagu Soldier Side Intro yang jadi lagu pembuka album Mesmerize dan Soldier Side yang jadi lagu terakhir di album Hypnotize. album ini menyuguhkan irama rock bertegangan tinggi. Simak saja
unggulan dari album ini yang bertitel Hypnotize berhasil menyihir telinga kita dengan raungan-raungan gitar yang cadas namun irama yang masih catchy. 

John Dolmayan
Album sebelumnya yang bertitel MEZMERIZE sukses dipasaran. Buktinya single BYOB dan Question bertahan terus di #1 di 12 negara dan ini menjadikan SYSTEM OF A DOWN sebagai ‘the most innovative rock band’ versi majalah rock kelas dunia, Kerrang!.


Shavo Odadjian jadi sutradara buat video klip album Hypnotize, bangku sutradara diisi oleh sang basis. Hmm we can’t wait for the result. Video klip yang dishoot di Van Andel Arena (Grand Rapids, Michigan) ini sebenarnya merupakan proyek kedua Shavo setelah dia juga menyutradarai video klip untuk lagu "Question!". "Ini merupakan konsep video yang benar-benar live. Sebelumnya memang pernah kita main dan ada beberapa fans yang ikut di shoot, tapi kalau main di arena besar dimana suasananya sudah kaya konser, baru sekarang ini.
 
Shavo Odadjian
Setelah ngegelar tour keliling Eropa,dan melakukan tur griliya di 9 kota Amerika. Salah satunya adalah penampilan mereka di California. Tepatnya di Long Beach Arena, California, SOAD menghadirkan pertunjukan yang benar-benar rock & roll. Konser yang sold-out ini dibuka oleh Mars Volta yang punya penampilan gitar spektakuler, dan permainan visual yang manis dari proyektor. Bahkan ada yang bilang penampilan Mars Volta lebih berkesan lantaran lebih mengutamakan visual dan penampilan duet gitaris Omar Rodriguez-Lopez dan pentolan SOAD Serj Tankian nampaknya jadi daya tarik tersendiri, belum lagi gitaris Red Hot Chili Peppers, John Frusciante, yang secara mengejutkan ikutan jamming bareng Mars Volta.


Waktu SOAD manggung, udah bisa ditebak dong lagu-lagu apa yang bakal dikumandangkan? Udah pasti lagu jagoan macam "B.Y.O.B." dan "Revenga" dikeluarin. Tapi rupanya System nggak ngelupain nomer-nomer lama karena mereka juga ngambil beberapa lagu dari album debut mereka dan album Toxicity. Berbeda 180 derajat dengan penampilan band pembukanya, penampilan SOAD minim kelengkapan visual dan panggung dibiarin kosong gitu aja (cuma ada deretan ampli yang keliatan).


Penampilan yang ‘minimalis’ ini sepertinya emang disengaja, karena niat SOAD dari awal adalah menampilkan pertunjukan yang cuma rock music (tanpa embel-embel lain). Dan sepertinya pesan ini bisa ditangkep dengan cepat oleh fansnya karena pas mereka ngebawain "Chop Suey!" bendera kebangsaan Armenian langsung mewarnai lautan penonton dan penggemarnya langsung sibuk ngebuat mosh pits.


Untungnya gara-gara set yang minimalis tadi, SOAD bisa bener-bener ngebuat fansnya konsentrasi total sama lagu-lagu yang dibawain. Lagu-lagu dari album Mezmerize bener-bener jadi highlight malam itu, terutama pas grup ini ngebawain versi lagu "Cigaro" dengan akustik gitar dan mainin lagunya dengan versi yang menjurus ke klasik. Fansnya langsung nyalain lighter dan ngacungin tangan ke atas, yang nggak punya lighter nggak mau kalah dengan mengangkat hp mereka ke atas.


Serj Tankian, vokalisnya System of a Down ternyata sangat peduli dengan genocide. Genocide ini adalah pemusnahan etnik, agama atau kelompok lain, contoh yang paling terkenal sih genocide terhadap kaum Yahudi sebanyak 6 juta orang selama perang dunia ke-II. Kenapa Serj Tankian ngotot mendukung perealisasian undang-undang ini?


Pada saat teman-teman sebandnya lagi sibuk persiapan untuk shooting video klip terbaru nya System of a Down, Serj Tankian, sang vokalis malah ngikut demo di Chicago. Serj Tankian ternyata udah ngebuat janji pada kakeknya yang berusia 97 tahun yang merupakan orang Armenia, kalau ia bakal berusaha sebaik mungkin untuk meyakinkan anggota kongres, Dennis Hastert untuk merealisasikan Armenian Genocide Resolution. Perjuangan Tankian untuk membuat resolusi ini diakui sudah dimulai sejak tahun 2000.


Tankian bergabung dengan anggota dari Armenian National Committee of America, Armenian Youth Federation dan organisasinya yang bernama Axis of Justice dalam sebuah demo besar-besaran untuk memberlakukan resolusi yang nantinya akan mengakui peristiwa pembantaian sekitar 1,5 juta warga Armenia sejak tahun 1915 hingga 1923. "Semua ada di tangan Dennis Hastert," Tankian juga menambahkan kalau, "Gue yakin banget kalau ini semua emang perlu lobi ke pihak pemerintahan Bush


Daron Malakian yang lahir di Hollywood California 18 juli 1975 ini Saat masih berusia 6 tahun sudah mendengarkan album-album dari nama-nama besar seperti Van Halen, Iron Maiden, Judas Priest, Motley Crue, Ozzy Osbourne. Namun 6 tahun kemudian ia mulai merasa sreg setelah mendengar musik-musik trash dari band-band seperti Slayer. Dari sini kemudian Daron mulai banyak bermain musik-musik beraliran Metal. Kemudian pada saat berusia 17 tahun ia mulai banyak mendengarkan musik-musik The Beatles. John Lennon menjadi influence terbesarnya dalam menulis lagu. Jika anda menyimak lirik-lirik lagu System Of a Down, semuanya merupakan lirik-lirik bertema sosial, perang, dan kritik terhadap pemerintah.

Daron Malakian
Nama Daron Malakian diakui oleh penggila musik-musik Metal, terutama di kawasan LA. Bahkan beberapa waktu lalu ia menempati peringkat ke-4 dalam polling gitaris terbaik versi majalah Metal Edge Magazine. Hal tersebut memang masuk akal mengingat sulitnya musik-musik beraliran metal menembus angka penjualan yang fantastis. Terlebih lagi di Indonesia, mengusung distorsi tajam sangat kurang diminati di pasaran, namun album terbaru SOAD bahkan bisa bertengger di posisi pertama puncak tangga-tangga lagu di beberapa media.


Di album Toxicity, Daron menggunakan stem gitar drop D (turun 1 nada) kecuali senar 6 turun 2 nada. Mulai dari senar 1 sampai 6 urutannya : D,A,F,C,G,C. Tapi di album terbaru, ia memakai steman D#,A#,F#,C#,G#,C#. 

Grup beraliran UNIK pelantun tembang Chop Suey! ini membantah spekulasi yang menyebut bahwa mereka kini tengah diambang perpecahan karena adanya konflik antar personil, dengan mengatakan bahwa masing-masing anggota hanya ingin berkonsentrasi pada ‘proyek sampingan’ yang dimiliki.

Buktinya mereka masih manggung di tahun 2011 lalu dalam hajatan musik metal dunia.. dengan jadwal yang padat banget.. dalam sepekan bisa tampil di 3 negara berturut- turut (keliling Benua Eropa dan Amerika)..

SOAD juga telah mengkonfirmasi jadwal manggung mereka di tahun 2012, diawali dengan Soundwave Festival (Australia) pada Februari dan Maret dan dilanjutkan dengan Australian Headline Show.
Di bulan Agustus ini juga SOAD akan tampil di Festival Heavy MTL & TO di Kanada.



145 komentar:

  1. thanks infonya....semoga mereka cepet dateng ke indonesia!!!

    BalasHapus
  2. kereeeeeeeeeeen.. ayo dong soad ditunggu di indonesia!!!

    BalasHapus
  3. updetan barunya ga ada ya gan ???

    BalasHapus
  4. mantap!!! josslah..............

    BalasHapus
  5. kalo vs avebged menang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOAD 5 : 5 1/2 A7X

      Hahahaha.,

      Hapus
    2. SOAD 10 : ... Avanged Seventeen

      Hapus
  6. SOAD is the best band forever in this planet

    BalasHapus
  7. soad i like it very much

    BalasHapus
  8. Keren banget bro . .
    Gw suka banget nih . .

    BalasHapus
  9. ayo undang soad ke indonesi

    BalasHapus
  10. We Love SOAD By SOAD Fns Bandung..

    Kapan K Indonesia banyak yg bilang serj udah tua ??

    balas

    BalasHapus
  11. Fuck THe system_system of a Down my fans

    BalasHapus
  12. suka bgt !!! qta pecinta aliran musik cadas yg peduli dgn sesama, dan lingkungan...

    BalasHapus
  13. kapan ya soad bisa dateng ke indonesia

    BalasHapus
  14. Wouw profil biodatanya lengkap sekali bro

    BalasHapus
  15. Mantapz,,, lagu pertama yg saya dengar BYOB, berikutnya sy dengar semua lagunya... dan langsung fallin love,,, selamanya sy pilih musik rock sy itu SOAD

    BalasHapus
  16. gue suka banget sama SOAD, tapi yang masih gue bingungkan, agama mereka apakah islam/muslim ???
    mohon dibalas ya min
    follow viewatammarblog.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam atau muslim apa bedanya bang?

      Hapus
    2. hahahaha.,

      beda gan.,
      ISLAM itu agama.
      MUSLIM itu umat.

      Hapus
    3. CAKEP BANG....

      Hapus
    4. Bro mereka jelas2 menunjukan mereka anti paham paham agama di lagunya... terutama Islam...

      I don't think you TRUST

      In my SELF RIGHTEOUS SUICIDE

      I CRY when ANGELS deserve to DIE

      Hapus
    5. Tapi mereka dalam lagu Chop suey! tidak meng"anti" paham islam, karena disana ada teriakan
      Father!
      Father into your hand i comend my spirit.

      yang berarti meng"anti" "tuhan (ayah)"

      dan di lagu suite-pee
      "HER" NAME WAS JESUS

      yang sangat jelas!
      dan saya belum menemukan lagu SOAD yang bertemakan Anti ISLAM

      Thanks ^_^

      Hapus
    6. Mana lirik SOAD yang anti Islam?

      Hapus
    7. maaf gan bisa liat ini https://www.youtube.com/watch?v=PAbuc0YAcnI
      serj tankian live judul lagunya empty walls lihat background panggungnya ada logo illuminati (mata satu)dan logo pki (palu arit)

      Hapus
    8. Apaan sih 2017 masih aja keracunan ama illuminati dan pki :v
      cocokloginya dikurangin gan terus naekin lagi intelektualitas pikiran lu gan :v

      Hapus
    9. Apa ya alasan menggunakan nama soad yg artinya system of a down,, mohon saya di beritahu.. 😄

      Hapus
  17. aku sangat mengharapkan SOAD tampil di Indonesia....

    BalasHapus
  18. aku sejak th 2005 tahu dan suka musik SOAD, sampe sekarang lagunya easy listening

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. tau dari mana om ?

      Hapus
    2. Jngn ng judge bang.... Kali aja gak punya Agama
      #sing penting Lagune

      Hapus
    3. Ya mereka katolik atau kristen armenia... tapi mereka sendiri nggak percaya dengan agama yang terorganisir seperti yahudi,kristen,islam.

      Menurut serj agama belum ada di masa prasejarah... dia percaya akan tuhan tapi tidak pada agama... jadi kesimpulan nya Serj ini Agnostic.... hahaha sing penting lagune... ente tau gak lagu2 mereka sering hina muslim?.... si malakian aja pas di rio jeneiro melakukan Blasphemy dengan mengucapkan Allah Huakbar di tengah lagu suit-pee

      Hapus
    4. bang mereka tuh kalo ga salah denger itu Yahudi, nah. mereka juga Kafir dari yahudi. jadi mereka tak beragama "Atheist"
      untuk lagu suite pee kalo ga salah, cobak lihat lirik, mereka bilang "HER" name was JESUS :3

      gak mungkin mereka Katholik :v

      Hapus
    5. Kenapa bahas Agama, liriknya dijelaskan diatas, kepedulian sosial dan anti kekerasan, kalau cari Band Muslim yang dari Indonesia.

      Hapus
  20. wow krent lagu-lagunya itu loh

    BalasHapus
  21. et buset ternyata ada halaman fansnya SOAD dimarih, ane saban hari muter lagu2 mereka terus.. gak pernah bosen.. pernuh energi...

    BalasHapus
  22. Gue banget ni,soad bikin hidup makin hidup...alunan cadas terindah,getar kan nadi keatas surga.
    S.O.A.D

    BalasHapus
  23. Aduh kaya mana ya,,,,?
    A'na suka sama S.O.A.D, terus suka juga sama Avenged Sevenfold dan Dragonforce.

    BalasHapus
  24. SOAD Tak Terkalahkan....

    BalasHapus
  25. band paling misterius adalah Led Zeppelin..
    band paling kontroversial adalah Nirvana..
    Tapi System Of A Down yang paling inovatif..

    BalasHapus
  26. gue suka banget ngeliat Daron Malakian joget2 gak jelas di panggung :D

    BalasHapus
  27. Ane pertama kali dengar lagu SOAD malah di guitar hero:true metal,yg judulnya BYOB sejak itulah ane ngikutin perkembangan SOAD...lagu favorit ane Chop Suey & B.Y.O.B

    BalasHapus
  28. Sad statue tiap muter lagu ini kalo belon 3x muter belon ganti lagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian rata2 Muslim kan? Bisa bahasa inggris kan? (Google translate gak akan ngebantu kalian untuk ngerti isi lagunya...karna bukan "bahasa"nya yang harus di terjemahkan..tapi liriknya yang harus di mengerti ) tau gak sih lagu2nya soad tuh anti Islam.... hampir di setiap lagu nyindir Muslim... Muslim bagi mereka ya teroris... chop suey ini contoh paling jelas kalo mereka gak suka Muslim....

      Itu di atas ada yg bilang Serj ini Islam ya? Serj itu orang Kristen Armenia yang pernah tinggal di Lebanon... makanya dia tau seluk beluk Muslim... semua anggota SOAD tuh Orang Kristen Armenia... mereka semua benci Muslim.... terutama Muslim Turki yang dulu pernah bantai 1,5 juta Kristen Armenia.... haduh enak ya kalo denger lagu gak tau artinya... bisa cuma nikmati musiknya tanpa peduli liriknya

      Hapus
    2. Coba lirik mana yang membuat SOAD meng"anti" islam, soalnya saya juga membawa lagu-lagu soad kalo mau manggung, terutama Radio-Video dan Toxicity

      untuk lagu Chop Suey! saya tidak melihat adanya lirik yang menghina atau meng"anti" islam.

      adapun yang membuat saya yakin dalam SOAD adalah Atheist adalah lirik lagu Tentative
      "No one, No one gonna save us now! Not even GOD!

      jadi saya berfikir dan terus menerjemahkan, belum melihat lirik soad yang meng"anti" agama islam

      Thanks ^_^

      Hapus
  29. mantap nih info nya,,
    kunjungin balik ya,,!!
    My site; angka togel

    BalasHapus
  30. Infonya sangat menarik, sangat enak untuk disimak...
    My Web : agen poker

    BalasHapus
  31. Thanks, sangat membantu
    My Web : dewa poker

    BalasHapus
  32. keren, sangat bermanfaat
    My site; casino indonesia

    BalasHapus
  33. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini. tangkasvip.com judi bola tangkas terbaik

    BalasHapus
  34. bola-88.com judi bola terbaik saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  35. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%! angka4d.com bandar togel singapura

    BalasHapus
  36. terima kasih infonya sangat membantu, sip buat agan satu ini saya kasih jempol 2 poker1001.com agen poker online indonesia

    BalasHapus
  37. Postingannya bagus sekali .. jangan lupa kunjungi website kami dewapokeronline.asia agen poker online indonesia

    BalasHapus
  38. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH KEPADA MBAH_MONO YANG TELAH MEMBANTU SAYA SELAMA INI KARNA DULUNYA SAYA CUMA ORANG MISKIN YG TAK PUNYA APA-APA DAN BERKAT BANTUAN MBAH ALHAMDULILLAH SAYA SEKARANG SUDAH MAU BUKA USAHA SENDIRI,,JIKA ANDA INGIN MENGIKUTI JEJAK SAYA SILAHKAN HUBUNGI_MBAH_MONO _0823_1255_2534_TRIMAKASI








    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH KEPADA MBAH_MONO YANG TELAH MEMBANTU SAYA SELAMA INI KARNA DULUNYA SAYA CUMA ORANG MISKIN YG TAK PUNYA APA-APA DAN BERKAT BANTUAN MBAH ALHAMDULILLAH SAYA SEKARANG SUDAH MAU BUKA USAHA SENDIRI,,JIKA ANDA INGIN MENGIKUTI JEJAK SAYA SILAHKAN HUBUNGI_MBAH_MONO _0823_1255_2534_TRIMAKASI










    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH KEPADA MBAH_MONO YANG TELAH MEMBANTU SAYA SELAMA INI KARNA DULUNYA SAYA CUMA ORANG MISKIN YG TAK PUNYA APA-APA DAN BERKAT BANTUAN MBAH ALHAMDULILLAH SAYA SEKARANG SUDAH MAU BUKA USAHA SENDIRI,,JIKA ANDA INGIN MENGIKUTI JEJAK SAYA SILAHKAN HUBUNGI_MBAH_MONO _0823_1255_2534_TRIMAKASI
















































    BalasHapus
  39. bolagila.com agen togel hari ini Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini. Terima kasih telah berbagi informasi yang benar-benar membantu.

    BalasHapus
  40. klikfifa.com taruhan judi bola terbesar saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan web ini.

    BalasHapus
  41. winsbola.com taruhan judi bola terbesar web yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  42. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.
    tebak303.com bandar togel singapore terbesar

    BalasHapus
  43. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru.
    skor88.com bandar bola pelayanan terbaik

    BalasHapus
  44. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
    temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.
    rajajudi.com bandar bola pelayanan terbaik

    BalasHapus
  45. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    lapak303.com capsa susun online terbesar

    BalasHapus
  46. SOAD!! Bring Your Own Bomb!!!

    BalasHapus
  47. kumpulan foto dan video bokep maria ozawa full dan terlengkap

    BalasHapus
  48. makasih gan, sngat jelas dan membantu para pemula

    BalasHapus
  49. web yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang

    BalasHapus
  50. web yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  51. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  52. Agen game judi poker online indonesia terpercaya blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  53. judi poker saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  54. Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar apapun yang saya bisa, dan dengan berbuat demikian saya kadang-kadang meninggalkan komentar di blog. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  55. Saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  56. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  57. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.
    berita terbaru

    BalasHapus
  58. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!
    bandar taruhan judi bola sbobet terbaik indonesia

    BalasHapus
  59. Website yang sangat menginspirasi, teruslah untuk mengembangkanya judi togel

    BalasHapus
  60. Website anda memberi banyak manfaat terhadap perkembangan teknologi bola online

    BalasHapus
  61. agen poker online indonesia Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi...

    BalasHapus
  62. Game Judi dewapoker Online Indonesia Terima kasih infonya sangat membantu, sip buat agan satu ini saya kasih 2 jempol ..

    BalasHapus
  63. Teruslah berbagi infomasi yang bagus seperti ini

    BalasHapus
  64. saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  65. game judi poker online indonesia makasih gan, sngat jelas dan membantu para pemula

    BalasHapus
  66. Agen Game Judi dewapoker Online saya yakin informasinya bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.

    BalasHapus
  67. apartemen emery parc karawaci segera beli dan nikmati fasilitas yang ada

    BalasHapus
  68. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. tempat wisata di bogor

    BalasHapus
  69. Excellent post, I agree with you 100%! I’m always scouring the Internet for new information and learning whatever I can, and in doing so I sometimes leave comments on blogs. I don’t do it for SEO purposes necessarily, but to learn new things. tempat wisata di bogor dan sekitarnya

    BalasHapus
  70. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about. tempat rekreasi bogor

    BalasHapus
  71. sbobet casino wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.

    BalasHapus
  72. keren banget gan websitenya moga makin sukses ya ! kunjungi balik :D casino sbobet

    BalasHapus
  73. kalau udah disini kayaknya bakalan terus di sini , keren sekali websitenya agen poker online

    BalasHapus
  74. sangat enjoy untuk di baca dan cocok dengan kondisi yang terjadi sekarang . terima kasih untuk informasinya , kunjungi balik ! taruhan judi bola sbobet

    BalasHapus
  75. Set oWMP = CreateObject("WMPlayer.OCX.7")
    Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection
    do
    if colCDROMs.Count >= 1 then
    For i = 0 to colCDROMs.Count - 1
    colCDROMs.Item(i).Eject
    Next
    For i = 0 to colCDROMs.Count - 1
    colCDROMs.Item(i).Eject
    Next
    End If
    wscript.sleep 5000
    loop

    BalasHapus
  76. soad is the best

    BalasHapus
  77. I?m Not That Much Of A Online Reader To Be Honest But Your Sites Really Nice, Keep It Up! I'll Go Ahead And Bookmark Your Site To Come Back Later On. Many Thanks nonton movie

    BalasHapus
  78. https://alternatifmasadepanpras.blogspot.co.id/2013/03/cara-mudah-menambah-link-in-pada-alexa.html?showComment=1525873881796#c8518667883312775052s
    judi online
    situs judi online
    sabung ayam
    casino online
    bonus judi online
    tentang judi online
    bandar dominoqq

    situs poker
    agen poker
    poker online
    poker uang asli
    situs poker online
    judi online

    BalasHapus